Bosan Dengan Suasana Pendakian Yang Monoton, Pindah Aja ke Gunung Penghasil Kopi Robusta

Jika biasanya kamu cuma mendaki gunung-gunung yang ada di Pulau Jawa, mungkin ini masanya menjajal mendaki gunung yang ada di wilayah lainnya di Indonesia, semacam di Pulau Sumatera contohnya. Di Provinsi Bengkulu, ada salah satu gunung dengan pemandangan spektakuler yang menanti untuk didaki oleh orang-orang yang ingin melihat keindahan dunia dari ketinggian. Gunung Dempo punya tinggi 3.159 mdpl, dan berada di perbatasan antara Provinsi Sumatera Selatan bersama Provinsi Bengkulu. Dari sisi administratif, gunung ini ada di kota penghasil kopi Robusta yang tersohor nikmat sekali, yakni Kota Pagaralam.

Jika benar-benar berminat mendaki ke Gunung Dempo, kamu bisa berangkat dari pusat Kota Palembang, Kota Pagaralam bisa ditempuh dengan naik kendaraan selama kurang lebih 7 jam lamanya. Kota Pagaralam sendiri dilingkupi oleh pegunungan Bukit Barisan, lalu Gunung Dempo adalah yang tertinggi dari Bukit Barisan tersebut. Selama perjalanan dijamin kamu tidak akan bosan, sebab kamu akan dimanjakan dengan panorama tebing dan lembah yang memukau dalam nuansa suhu yang adem. Bentangan kebun-kebun teh luas, hijau juga cantik pun akan menyapamu saat Gunung Dempo muncul dengan gagahnya di hadapan mata.

Tips Berpetualang ke Gunung Dempo

Selain panorama gunung yang besar, kamu juga bisa mengamati sisa-sisa kebudayaan prasejarah di daerah itu. Ukiran batu didalam bentuk manusia, hewan dan yang lainnya tersebar di sekitar lereng Gunung Dempo. Pada akhir minggu, banyak pendaki yang berasal ke Kota Pagaralam tuk mendaki Gunung Dempo. Sementara di hari-hari biasa, ada banyak penduduk lokal yang naik menuju puncak gunung tuk mencari kayu untuk dibakar. Bila kamu tak suka hiking alias mendaki gunung, kamu bisa berkeliling di perkebunan teh hijau saja yang terhampar luas di kawasan Kota Pagaralam. Hijau, asri, juga berbaris rapi, seluruhnya terlihat terlampau indah dan menenangkan pandangan. Jangan lewatkan waktu luang berwisata kuliner di Pagaralam, meresapi salah satu hidangan khas disana yaitu Ikan Sema Masak Bambu. Cara masak ikan ini tak menggunakan panci ataupun wajan penggorengan, tetapi dengan bambu. Ikan ini ditaruh di dalam bambu dan lalu panggang diatas nyala api. Nikmat benar!

Para pendaki gunung tahu Gunung Dempo sebab memiliki jalur menantang secara lereng berliku-liku. Demikianlah yang menjadikan Gunung Dempo jadi favorit di antara semua pendaki. Apa lagi yang lebih nikmat disamping meneguk segarnya air gunung, mendengarkan kicauan burung dan bicara hewan liar yang bergema didalam hutan? Berhentilah sementara tuk mengistirahatkan kaki dan punggung kamu, sekaligus menikmati suasanya alam serta udara yang segar. Pokoknya, jangan keasyikan berjalan hingga lupa menikmati keindahan ciptaan Tuhan disana. Duduk sejenak, rasakan kopi dan camilan, kemudian jalan lagi dengan kondisi segar. Setelah capek jalan kaki, tidak ada yang bisa menandingi sensasi nikmat keberhasilan pergi ke puncak gunung. Pendakian yang meletihkan akan terbayar dengan view yang luar biasa eloknya ditemani secara cakrawala yang luas di kejauhan. Pengalaman ini adalah pengalaman yang priceless, dimana kamu bakal melihat kawah biru Gunung Dempo yang terbilang mengepul juga masih aktif lho. Panorama spektakuler yang akan kamu abadikan di kamera adalah piala atas keberhasilanmu pergi ke puncak gunung paling tinggi yang ada di Sumatera Selatan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *