Daya Tarik Wisata Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul

Obyek wisata Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul dikatakan mempunyai kesamaan dengan sebuah obyek wisata di USA yang dikenal sebagai Grand Canyon Arizona. Sepanjang ini, Kabupaten Gunungkidul Jogja mirip dengan lingkaran bukit kapur yang tandus. Tidak ada yang tidak benar dengan persepsi tidak sedikit kalangan mengenai daerah ini.

Tapi, justru di Gunungkidul ada tidak kurang dari 10 pantai Gunungkidul yang menakjubkan, obyek wisata goa yang menarik, dan panorama air terjun yang menjadi daya tarik.

Gunungkidul masih mengandung potensi alam terdiri dari aliran sungai yang menyisir tebing tinggi. Satu diantaranya tampak dari Air Terjun Sri Gethuk. Menariknya, aliran air terjun itu tak mengenal musim, entah itu musim hujan ataupun kemarau sekalipun tetap mengalir tiada henti. Air Terjun Sri Gethuk merupakan karakteristik alam yang sangat disayangkan jika dilewati, khususnya ketika kalian tengah berwisata ke Jogja. Kalian hanya perlu naik kendaraan dan melewati hutan kayu putih punya Perhutani tuk dapat tiba di lokasi.

Di satu area pemancingan yang pula berfungsi menjadi area parkir, hubungan trip air terjun musti dilanjutkan dengan jalan kaki. Ada 2 opsi perjalanan yang boleh dilalui, yang pertama dengan berjalan diatas jalan setapak. Selama perjalanan kalian bakal melihat hamparan sawah dikelilingi dengan lambaian nyiur. Sementara opsi kedua dapat dikatakan sudah cukup ekstrim, kalian musti melintasi kencangnya arus Sungai Oya naik rakit sederhana yang dibuat dari drum dan papan bekas.

Perjalanan ke obyek wisata Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul itu akan begitu menyenangkan bila dilakukan di pagi hari, apalagi bila kalian menentukan opsi melewati Sungai Oya. Saat pagi hari, arus Sungai Oya tergolong tenang hingga perjalanan dijamin akan nyaman sambil menikmati hangatnya sapaan sinar mentari pagi.

Di sekitar aliran sungai, rumpun dan belukar terkesan begitu hijau alami di tengah-tengah kokohnya tebing Karst yang melindungi terhadap sisi kanan serta kiri sungai. Suara dari rakit yang bernada menyibak jernihnya air seolah olah bergabung dengan nyanyian alam yang sangat menentramkan jiwa dam hati.

Mitos Air Terjun Sri Gethuk

Dibalik popularitas Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul itu, terselip kisah yang menjadi legenda berhubungan dari lokasi serta penamaan air terjun itu. Menurut tragedi lokal, Air Terjun Sri Gethuk katanya adalah lokasi khusus tuk menyimpan Kethuk. Kethuk merupakan alat musik ataupun gamelan punya makhluk halus, yaitu Jin Anggo Meduro.

Ini asal muasal penamaan dari air terjun itu jadi Sri Getuk, yang bersumber gamelan tadi. Sampai sekarang, saat waktu-waktu tertentu warga setempat masih kerap dengar alunan lagu gamelan dari tempat Air Terjun Sri Gethuk.

Pelangi di Air Terjun Sri Gethuk

Tidak lebih dari 14 menit melewati Sungai Oya, kalian pasti tiba ke Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul. BahanaBahana air terjun mulai berkumandang di benak, mengundang sensasi penasaran tuk segera menikmatinya dekat-dekat. Batu-batuan yang tercipta indah yang ada di bawah air terjun tertata mirip undak-undakan bagaikan tepian kolam renang di bangunan mewah.

Saat kalian mengambil keputusan bagi lebih mendekat dan Berendam di bawah air terjun, lalu terasa sebagaimana ada di negeri dongeng yang mana air jernih banyak mengguyur seluruh tubuh. Ketika musim hujan, kalian mempunyai kesempatan besar tuk melihat pelangi indah yang ada di tengah-tengah Air Terjun Sri Gethuk. Daya tarik pelangi yang mengitari air terjun ini seolah olah menghantarkan kalian kepada kisah dongeng mengenai bidadari berselendang pelangi.

Obyek wisata Air Terjun Sri Gethuk sebenarnya masih perlu pengembangan makin serius dari komunitas setempat. Karena, air terjun Jogja indah ini mempunyai potensi besar jadi pariwisata Gunungkidul yang populer. Panorama alam yang sangat alami dan keasrian selama perjalanan menuju ke lokasi sungguh mengasyikan, ditambah juga dengan hewan-hewan liar.

Rute Perjalanan ke Air Terjun Sri Gethuk

Jika kalian mengawali perjalanan dari tengah-tengah Kota Jogja ke tempat Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul, kalian bisa ambil arah menuju Wonosari. Ikuti terus jalanan Jogja-Wonosari sampai tiba di perempatan Gading. Di perempatan tersebut, ada papan penunjuk jalan dan ikuti jalan berdasarkan petunjuk jalan itu hingga kalian sampai di daerah Playen.

Di daerah Playen, ada banyak petunjuk jalan kearah tempat Air Terjun Sri Gethuk dan beberapa obyek wisata lainnya. Seharusnya kalian ambil arah lewat jalan beraspal walaupun memiliki jarak lebih jauh daripada jika lewat jalan off-road.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *