Jalan-jalan ke Taman Wisata Ujung Kulon

Alamnya yang sangat terjaga, vegetasi yang ada disana dengan bebas dan pantainya yang cantik membuat kalian bakal melupakan stress aktivitas sehari-hari. Di sejumlah wilayah, kalian mungkin bisa melihat hewan-hewan liar yang hidup dengan leluasa. Sebagian wilayah yang kerap dikunjungi para wisatawan di Taman Nasional Ujung Kulon ialah Gunung Honje, Pulau Peucang, Semenanjung Ujung Kulon, dan Pulau Panaitan.

Gunung Honje, adalah salah satu kawasan Taman Nasional Ujung Kulon yang dilingkupi oleh 19 desa, entah yang berbatasan langsung ataupun tidak. Satu diantara desa yang jadi gerbang masuk ialah Desa Tamanjaya. Obyek yang ada disekitar Tamanjaya diantaranya Desa Nelayan Cibanua, Sumber Pemandian Air Hangat Cibiuk, juga Curug Cikacang menjadi tempat wild life viewing Owa Jawa dijadikan sebagai satwa endemik Indonesia.

Wilayah Semenanjung Ujung Kulon ialah habitat bagi Badak Jawa, hingga pengelolaan wisata tuk wilayah ini amat terbatas sekali supaya tak mengganggu habitat bagi Badak Jawa. Wisata yang bisa dilakukan di kawasan ini ialah tracking, kemping dan wild life viewing.

Pulau Peucang adalah wilayah yang sangat banyak dikunjungi wisatawan. Bentangan pasir putih luasnya membentang dan lautnya yang jernih sebagai daya pikat bagi wisatawan tuk datang. Di pulau tersebut kalian bisa berenang, diving atau menyebrangi laut ke padang gembala Cidaon serta melaksanakan wildlife viewing.

Hutan yang tengah asli itu dihuni oleh beragam satwa liar semacam rusa, babi hutan, kancil, kera ekor panjang, kadal, buaya, ular serta bermacam-macam jenis burung. Kalian musti agak berhati-hati sebab beberapa hewan buas ada di Pulau Panaitan. Kalian pula bisa menikmati snorkeling dan surfing di Pulau Panaitan.

Biaya tuk masuk ke Taman Nasional Ujung Kulon sangat murah, kalian bisa bayar Rp 5.000 per orang di hari biasa dan Rp 7.500 saat akhir minggu. Harga itu bisa lebih murah jika kalian berekreasi dengan serombongan.

Di web resminya Taman Nasional Ujung Kulon aktivitas wisata umum semacam berkemah, wild life viewing, diving, snorkeling, naik kano, surfing, dan mancing mempunyai tarif yang berbeda rata-rata Rp 6.000 sampai Rp 28.000. Tapi tentunya kalian harus menyiapkan perlengkapan pribadi.

Tuk tiba ke Taman Nasional Ujung Kulon, kalian bisa memulainya dengan pergi ke Serang Banten dan terhenti di terminal Pakupatan tuk berikutnya ke Tamanjaya naik elf. Dari situ, kalian bisacarter kapal yang harganya dari Rp 2.500.000 dengan daya tampung 20 orang dan harga bisa berubah suatu waktu.

Harga tuk kapal yang berlabuh di dermaga setiap wisata juga berbeda lagi, umumnya Rp 110.000 tuk tiap kapal. Untuk homestay, disediakan tenda seharga Rp 150.000. Ataupun resort Pulau Peucang yang harganya mulai Rp 750.000 per malam.

Jika kalian belum mau repot, sekarang banyak sekali jasa travel yang mempromosikan paket wisata ke Taman Nasional Ujung Kulon. Harganya beragam dari Rp 600.000 sampai Rp 9.000.000 per orang. Dan kalian hanya tinggal menikmati rekreasi serta jalan-jalan saja disana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *