Kegiatan di Pantai Pulau Merah Yang Sangat Mengagumkan

Pantai Pulau Merah ada di Banyuwangi barangkali terdengar asing di kuping beberapa wisatawan dalam negeri. Kepopuleran wisata itu bisa saja tak tersohor seperti obyek wisata Batu Malang maupun Kawah Putih Ciwidey Bandung. Tapi, satu dari banyak pantai unik di Banyuwangi ini sangat populer di golongan warga Jawa Timur. Pun, adalah salah satu tujuan yang digemari wisatawan asing khususnya penggemar olahraga surfing.

Pantai Pulau Merah, warga setempat sering menjulukinya sebagai Pulo Merah, berada di Kecamatan Pesanggaran. Walau dinamai dengan Pulau Merah , satu dari banyak obyek wisata di Banyuwangi ini sebenarnya mempunyai hamparan pasir memiliki warna putih sedikit kecoklatan. Tapi pada saat musim kemarau hadir, maka wilayah pantai ini bakal terlihat sedikit merah.

Pantai Pulau Merah di Banyuwangi mempunyai keunikan di satu bukit kecil yang berada didekat dari bibir pantai. Dengan background bukit tingginya 200 m dan memiliki warna sedikit merah inilah yang mengakibatkan pantai itu terkenal sebagai Pantai Pulau Merah. Bukit tersebut diselimuti dengan tumbuh-tumbuhan hijau yang bisa menutupi warna merahnya. Kalian bisa mendaki bukit itu pada saat air laut lagi surut. Disamping itu, ada batu karang yang ada di sekeliling bukit kecil itu.

Wilayah wisata Pantai Pulau Merah sekarang ini diberdayakan Perum Perhutani II Jawa Timur. Berada di Desa Sumber Agung, Pesanggaran, di sekeliling pantai ini ada lokasi ibadah umat Hindu kedalam menggelar ritual Mekiyis.

Eksistensi pantai tersebut juga tidak lepas dari cerita mistis serta mitos yang mengelilinginya. Pantai Pulau Merah dipercaya oleh sejumlah pihak mempunyai kandungan emas. Ada pun yang menveritakan bahwa ada satu paku bumi yang bisa ditemukan didalam gunung yang berada di sebelah pantai itu.

Kisah mitos lainnya ialah bahwa siapa saja yang bisa memasuki suatu goa yang ada di Pulau Merah, maka mereka bakal mendapatkan rezeki berlimpah. Ada juga yang menceritakan bahwa ada pancaran cahaya warnanya merah yang mengakibatkan pantai tersebut berwarna merah hingga akhirnya disebut menjadi Pantai Pulau Merah.

Kegiatan di Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah Banyuwangi merupakan satu dari banyak pantau yang ngetop di Jawa Timur. Pantai itu disukai jadi salah satu obyek wisata keluarga yang unik, juga dijadikan sebagai tempat favorit tuk menikmati petang dan hembusan angin khas pantai, hunting foto, main pasir, berjemur dibawah terik matahari, dan lainnya. Tuk bisa masuk ke lokasi pantai, kalian musti bayar tarif tiket masuk ke Pantai Pulau Merah seharga Rp 5.000 per orang.

Banyak turis dari negara asia bahkan eropa dan tidak kurang juga masyarakat dalam negeri berkunjung ke Pantai Pulau Merah tuk tujuan surfing. Ombak dari Pantai Pulau Merah itu dikatakan sebagai satu-satunya yang terindah di Jawa Timur dan Indonesia hingga cocok tuk surfing. Sejumlah even selancar internasional sempat digelar di pantai itu.

Ombak laut tinggi yang bisa ditemui di pertengahan April-Mei sampai September-Desember. Kalian bisa belajar tentang cara surfing di Pantai Pulau Merah dengan tinggi ombak yang sekitar 4 meter.

Surfing di Pantai Pulau Merah

Kawasan pantai itu juga didukung dengan fasilitas yang lengkap, antara lain payung dan area berjemur yang direntalkan oleh pihak management. Ada beberapa hotel dan fasilitas di daerah pantai Banyuwangi satu ini. Pantai Pulau Merah pun tidak jauh dari Gunung Tumpang Pitu dan ada satu garis dengan Pantai Plengkung. Kalian bisa bersantai di pantai itu sambil menikmati hembusan angin pantai dan melihat pemandangannya yang cantik. Dengan garis pantai yang panjangnya sampai 3 km, batu-batuan karang di pantai itu menambah pesona yang eksotis disamping bukit hijau yang tampak asri.

Hotel di Pantai Pulau Merah

Sebagai satu dari beberapa obyek wisata populer di Banyuwangi, kalian bisa dengan gampang menjumpai beberapa hotel di dekat Pantai Pulau Merah. Tidak hanya hotel, ada juga guest house sampai homestay yang bisa kalian pilih. Sebagian penginapan di wilayah Pantai Pulau Merah yang memiliki jarak dekat dan populer, antara lain Kumala Hotel, Hotel Mahkota Plengkung Banyuwangi.

Rute Perjalanan ke Pantai Pulau Merah

Jika kalian ada di kota Banyuwangi, maka jalur jalan bakal menempuh jarak kira-kira 80 km naik mobil pribadi ataupun kendaraan umum, mengukir waktu perjalanan selama 3 jam tuk bisa sampai di pantai itu. Selama perjalanan, disediakan rambu-rambu penunjuk jalan yang bakal mengarahkan kalian pergi ke obyek wisata Pantai Pulau Merah itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *