Keindahan Wisata Pantai Popoh Tulungagung

Sekian dari wisata bahari di Jawa Timur yang ngetop ialah Pantai Popoh Tulungagung. Pantai yang berada kira-kira 30 km dari tengah-tengah kota Tulungagung ini menjadi wadah pesona indahnya laut yang tidak kalah istimewa dari pantai lainnya di Pulau Jawa. Jika kalian mau mengunjungi Pantai Popoh itu, paling tidak kalian bisa meluangkan waktu sepanjang 4 hari tuk bisa menikmati pesona keindahan dan rasa nikmat berwisata ke sana.

Beberapa kalangan pecinta travel mengaku tak terlalu puas bila hanya menghabiskan liburan satu hari saja saat berwisata ke kawasan pariwisata Pantai Popoh Tulungagung. Pantai Popoh Tulungagung sangat populer sebab memberikan panorama laut lepas yang sangat indah. Eksotisme horizon di muka dengan gulungan gelombang yang tergolong tinggi bisa kalian nikmati dari puncak bukit.

Tuk tiba ke puncak bukit itu, kalian musti mempunyai stamina yang cukup tuk bisa menanjak anak tangga yang lumayan panjang. Tapi setiba di puncak bukit, rasa capek kalian bakal terbayarkan secara menikmati keindahan matahari terbenam di Pantai Popoh Tulungagung.

Tuk bisa masuk ke obyek wisata menarik itu, kalian musti bayar tiket masuk ke Pantai Popoh Tulungagung senilai Rp 5.000 per orang, belum tergolong tarif parkir alat transportasi. Tidak jauh dari Pantai Popoh, terdapat satu pantai yang tidak kalah menawannya, yakni Pantai Sidem. Kalian tak perlu bayar tiket tuk bisa masuk ke Pantai Sidem itu lantaran mempunyai garis pantai yang itu-itu saja dengan Pantai Popoh.

Bila Pantai Popoh menawarkan kalian sensasi wisata bahari dengan bermacam-macam jenis aktivitas menarik, maka di Pantai Sidem kalian bisa menemukan sebuah pemukiman yang di tempati oleh penangkap ikan lokal. Secara garis pantai yang melebihi 500 m, pemandangan Pantai Sidem tampak sangat indah dan asri dengan rimbunan pohon-pohon yang tumbuh di sekelilingnya. Jika tidak kala hari libur, pantai itu masih sangat sepi dari kedatangan wisatawan.

kalian bisa melihat sebagian warga lokal tengah mencari anak rajungan tuk makanan bebek. Disamping itu, Pantai Sidem pun tempat yang lumayan bagus tuk aktivitas surfing dan snorkeling. Akses perjalanan pergi ke Pantai Popoh telah memadai dengan jalan halus beraspal, tapi berbelok-belok seperti ciri khas jalan ke kawasan pantai.

Satu dari banyak kebudayaan yang masih mengakar lekat sampai sekarang di obyek wisata Pantai Popoh Tulungagung itu ialah ritual Labuh Semboyo. Prosesi itu terdiri dari larung sesaji ke laut yang digelar tiap tahun pada saat bulan Syuro. Kalian bisa melihat aktivitas budaya ini saat datang ke Pantai Popoh dengan menyelaraskan rencana traveling kalian.

Kuliner di Pantai Popoh Tulungagung

Di golongan wisatawan, sepertinya ada yang kurang bila berwisata ke Pantai Popoh tanpa mampir ke Rumah Mak Yah. Ini bukanlah tanpa alasan, karena memang terdapat yang spesial.

Warung Mak Yah semenjak dulu sudah terkenal dengan suguhan kulinernya yang menggoda selera. Di warung yang tidak pernah sepi dari wisatawan itu, kalian bisa menikmati suguhan seafood yang nikmat. Sejumlah menu kuliner favorit dikalangan wisatawan ialah hidangan udang serta kepiting asam manis bercita rasa tinggi.

Seluruh sajian makanan di Warung Mak Yah dimasak dengan cara tradisonal memakai tungku arang dan bumbu-bumbu makanannya yang khas. Disamping itu, satu hal lainnya yang membuat Warung Mak Yah itu populer ialah Sambal Bledhek yang sangat pedas. Tidak heran bila dinamakan Sambal Bledhek sebab pedasnya betul-betul dahsyat bagaikan petir.

Tidak jauh dari kawasan Warung Mak Yah, ada pula sejumlah kios souvenir. Di kios-kios itu kalian boleh beli berbagai jenis oleh atau aksesoris khas Tulungagung. Aneka varian kaos serta pernak-pernik bercirikan Pantai Popoh Tulungagung pun dijual dengan nilai yang lumayan ramah di dompet. kalian pun bisa mendapatkan aneka kerajinan tangan warga setempat serta aksesoris dari barang-barang laut.

Pusat Kerajinan Marmer

Dalam jalan dari tengah-tengah kota ke Pantai Popoh Tulungagung, kalian tentu bakal melewati suatu kecamatan yang diberi nama Campurdarat. Kecamatan itulah yang dijadikan sebagai pusat pengrajin marmer paling besar di Jawa Timur.

Sungguh sayang sekali jika kalian tak mampir sejenak tuk melihat-lihat seperti apa keahlian pengrajin marmer disana dalam membuat bermacam-macam jenis barang dari sarana marmer. Di sebuah Desa Gamping, kalian bisa beli souvenir dengan berbagai bentuk yang unik dan seluruhnya diproduksi dari marmer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *