Pemandangan Indah Pantai Pelang Trenggalek

Pantai Pelang Trenggalek merupakan satu dari banyak obyek wisata yang harus kalian klik saat ada di Kabupaten Trenggalek. Tidak sama dengan pantai lainnya di Jawa Timur, di obyek wisata Pantai Pelang kalian bisa menyaksikan campuran harmonis diantara kawasan pantai, goa, air terjun sampai bukit-bukit belantara hutan.

Area Pantai Pelang Trenggalek dari sisi administratif termasuk kepada wilayah Desa Wonocoyo, Panggul. Dari tengah-tengah kota Trenggalek, kalian harus menempuh jalan sejauh 56 km. Sedangkan dari kota Blitar, Pantai Pelang memiliki jarak 119 km.

Pantai dengan relief landai dan bentangan pasir warna coklat ini mempunyai satu pulau batu kecil yang berada tidak jauh dari pinggir pantai, suatu hal yang serupa dengan Tanah Lot Bali. Topografi obyek wisata Pantai Pelang Trenggalek ada di lembah yang dilingkupi oleh bebukitan dan tebing tinggi. Itulah sebabnya nuansa sejuk terasa menghampiri badan saat kalian jalan pergi ke pantai itu. Sebelum sampai pantai, kalian lebih dulu musti melewati suatu jembatan diatas satu sungai air tawar.

Pantai Pelang Trenggalek mengantongi garis pantai sepanjang 2 km serta luasnya 10 ha. Pantai ini sebenarnya mempunyai potensi besar tuk dikembangkan jadi satu dari beberapa obyek wisata di Trenggalek yang terkenal. Tuk dapat masuk, kalian sekedar perlu bayar tiket masuk ke Pantai Pelang seharga Rp 8.000 per orang.

Aktivitas sangat populer yang dilaksanakan wisatawan di Pantai Pelang ialah menikmati pemandangan unik di pantai itu. Melihat pemandangan indah pantai dari puncak perbukitan ialah cara terbaik tuk menjumpai pesonanya. Disediakan gardu pandang yang bakal mempermudah wisatawan memandangi panorama Pantai Pelang. panorama di sekeliling pantai tergolong unik dengan bentangan bebatuan raksasa di tepi pantai dan pulau-pulau kecil di tengah-tengah laut, ditambah lagi dengan ombak kecil saling berganti menyapu pasir di pantaninya.

Air Terjun Pelang Trenggalek

Air Terjun Pantai Pelang Trenggalek mempunyai tinggi mencapai 25 m. Dari sisi kosong batu karang, air mengalir jatuh kearah gabungan batu memiliki warna sedikit putih di dasarnya. Wisatawan yang berekreasi lazimnya meluangkan waktu mereka tuk mandi dan bermain air. Beberapa diantara mereka makin banyak menghabiskan waktu mereka di kawasan air terjun ini daripada menikmati pemandangan pantai. Katanya, air terjun ini diyakini berkhasiat tuk menjadikan awet muda dan mengobati penyakit.

Kalian pun bisa datang ke Goa Pelang, letaknya tidak lebih dari 100 m dari pantai Pelang. Tapi spot ini masih tak terlalu dikembangkan menjadi kegiatan pariwisata. Jarang betul wisatawan datang tuk menjelajahi goa tersebut. Tidak hanya karena fasilitas cahaya yang terbilang minim, tour guide tuk menelusuri goa masih sangat jarang.

Kira-kira 1 km menjelang masuk kawasan pariwisata Pantai Pelang Trenggalek, kalian bisa jalan-jalan ke Taman Kili-Kili. Taman itu merupakan lokasi konservasi penyu di pantai selatan. Lazimnya satu tahun sekali, penyu-penyu tersebut akan dilepas lagi ke lautan. Kalian tak perlu meroscek tuk masuk ke area konservasi itu.

Rute Perjalanan ke Pantai Pelang

Lokasi Pantai Pelang Trenggalek bisa dicapai dengan naik kendaraan. Dari kawasan kota Trenggalek ke lokasi pantai, kalian harus menempuh perjalanan dengan jarak 55 km dengan keadaan jalan tergolong cukup bagus. Saat menuju ke pantai itu, kalian bakal melintasi jalan yang penuh belokan-belokan tajam ditambah lagi dengan tanjakan juga turunan curam dan jurang di bagian kiri kanan perjalanan.

Bila perjalanan dengan naik bus, maka dari Terminal Trenggalek kalian bisa ambil bus rute Trenggalek-Lorok, kemudian turun di Panggul. Lama perjalanan akan membutuhkan waktu sampai 3 jam.

Jika kalian mengawali perjalanan dari Pacitan, kalian harus melintasi kawasan Lorok supaya dapat sampai di Pantai Pelang. Jalan masuk pantai itu jauhnya sampai 5 km dari tepi jalan raya dengan keadaan jalan bermacam-macam, diantara batu juga aspal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *