Sebelum Memeriahkan Piala Dunia 2018, Ketahui Dahulu Sejarahnya

Piala Dunia 2018 menjadi ajang pertandingan yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat di seluruh dunia. Bagaimana tidak? Piala Dunia merupakan pertandiangan antar Negara di dunia yang bisa mengharumkan nama Negara tersebut. Selain itu, dengan memenangi pertandingan ini, sebuah Negara akan mendapatkan pasokan penghasilan yang cukup lumayan untuk membangun ifrastruktur dan memperbaiki sistem ketatanegaraannya.

Piala dunia memiliki pengaruh kunjungi tautan ini yang besar terhadap Negara. Banyak juga pihak-pihak yang memanfaatkan kemeriahan jelang piala dunia 2018 ini agar mendapatkan untung yang banyak. Hal ini bisa terlihat dari penjualan beberapa produk dan merchandise khas piala dunia yang laku terjual habis. Dan juga konsumsi makanan serta minuan yang laku terjual.

Piala dunia telah memberikan perubahan yang terbesar bagi sebuah Negara. Apalagi dengan meningkatnya jumlah penduduk dalam satu Negara tersebut setelah mengikuti ajang kompetisi yang bergengsi ini. Namun, sebelum ikut memeriahkan sambutan piala dunia 2018 ini, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu mengenai fakta dan sejarah dibalik lapangan pertandingan ini.

Piala dunia atau FIFA World Cup diadakan pada tahun 1930 untuk pertama kalinya. Saat itu, Jules Rimet selaku presiden FIFA menghendaki adanya ajang kompetisi sepak bola bergengsi dalam kancah internasional. Akhirnya, setelah melakukan beberapa persiapan, piala dunia digelar untuk pertama kalinya di Uruguay yang pada saat itu masih diikuti oleh 13 tim saja.

Seiring berjalannya waktu, FIFA World Cup mengalami perkembangan hingga akhirnya diikuti oleh 32 tim dari berbagai belahan penjuru dunia. Proses menjadi 32 tim memakan waktu hingga 2 tahun untuk melakukan proses seleksi dari keseluruhan 200 tim yang mendaftar dari seluruh dunia. Sebelumnya, pertandiangan sepak bola antar Negara pernah dilakukan di Inggris di lapangan Celtic Park Glasgow.

Saat itu, pertandingan berlangsung antara Inggris melawan Skotlandia. Setelah itu, di era tahun 1900, olahraga sepak bola sumber referensi artikel semakin berkembang ke seluruh dunia. Hingga akhirnya terbentuklah asosisiasi sepak bola nasional. Pada bulan Juli 1902, sebuah pertandingan internasional sepak bola diadakan seara resmi di luar kepulauan Inggris. Pertandingan tersebut diadakan di Montevideo, dengan pertandingan antara Negara Uruguay melawan Argentina.

Kemudian, pada tanggal 22 Mei 1904, FIFA resmi didirikan di Paris. Aosiasi sepak bola tersebut terdiri dari Negara-negara Eropa seperti Perancis, Denmark, Belgia, Spanyol, Swedia, Swiss, serta Jerman yang bergabung setelahnya. Kemudian, pertandingan sepak bola sering diadakan di Negara-negra tersebut yang akhirnya olahraga ini menjadi semakin populer di kalangan masyarakat dunia.

Karena saking populernya, beberapa pertandingan mulai dilakukan. Apalagi dengan kerjasama dari pihal IOC sebagai olimpiade internasional membuat sepak bola semakin dikenal luas di dunia. Pertandingan sepak bola kemudian sering diadakan oleh pihak asosiasi sepak bola Inggris. Pada saat itu, pertandingan ini maru diikuti oleh beberapa pemain amatiran saja.
Namun pada tahun 1908 dan 1912, pertandingan sepak bola yang diikuti oleh pemain amatir tersebut ternyata dimenangkan.

Akhirnya, FIFA kemudian berupaya untuk membuat pertandingan turnamen sepak bola internasional yang bisa diikuti oleh berbagai Negara. Pada tahun 1906, sebuah pertandingan sepak bola dilangsungkan di Swiss. Dan menjadi sejarah kompetisi sepak bola yang memorable bagi FIFA.

Sejak saat itu, berbagai macam kompetisi mulai bermunculan. Meskipun hanya dilakukan oleh tim yang amatiran, seiring berjalannya waktu kompetisi tersebut mulai melibatkan tim professional yang turut andil dalam mengikuti ajang kompetisi tersebut. Seperti yang diadakan di Italia pada tahun 1908. Turnamen sepak bola tersebut mewakili dari berbagai pihak Negara. Belum ada pelopor Piala Dunia pada saat itu.

Setelah itu, pada tahun 1914, pihak FIFA mulai mengakui turnamen olimpiade sepak bola yang sering diadakan beberapa tahun informasi dari sini belakangan sebagai Kejuaraan Sepak Bola Dunia untuk Amatir. Pihak FIFA kemudian juga mengaku akan bertanggungjawab mengenai pelaksanaan kompetisi tersebut. Hal ini juga menyangkut nama baik mereka dalam kompetisi sepak bola antar Negara.

Pada tahun 1920, olimpiade sepak bola dimenangkan oleh Belgia. Lanjut ke turnamen berikutnya di tahun 1924 dan tahun 1928 yang dimenangkan oleh Uruguay. Pada saat itu, olimpiade yang diadakan bukan merujuk pada piala dunia. Hanya sebagai kompetisi yang diadakan dari berbagai pihak Negara saja. Dan Negara yang menang pada olimpiade akan diakui oleh masyarakat di dunia.

Akhirnya, pada tahun 1930, pihak FIFA mulai mengadakan baca selanjutnya piala dunia pertama dengan melibatkan 13 tim dari berbagai Negara yang ikut serta memeriahkan pertandingan tersebut. Dan piala dunia pertama diadakan di Uruguay. Setelah itu, piala dunia mulai diadakan setiap 4 tahun sekali. Karena beberapa tim di Negara harus melalui seleksi tertentu agar bisa mengikuti ajang kompetisi bergengsi ini.

Kira-kira, itulah sejarah piala dunia yang jarang diketahui oleh orang-orang. Piala dunia yang diadakan setiap 4 tahun sekali itu kemudian memberikan perubahan yang cukup berarti bagi sebuah Negara. Tidak hanya itu, hal tersebut juga membawa pengaruh besar pada pemainnya. Kecintaan para pemain terhadap sepak bola membawa mereka menuju dunia yang begitu diidam-idamkan oleh para penggemar permainan sepak bola di seluruh dunia.

Banyak sekali kisah-kisah mengharubiru yang begitu menginspirasi kita dari piala dunia ini. Piala dunia telah melahirkan berbagai pemain sepak bola handal di dunia. Tidak hanya di ajang olahraga saja, piala dunia juga memberikan pengaruh besar ke dalam dunia politik Negara, dan berbagai bidang lainnya dikarenakan piala dunia telah menjadi sorotan utama permasalahan di dunia.

Soal musik, piala dunia juga memberikan pengaruh yang besar. Menjelang piala dunia yang diadakan 4 tahun sekali, pihak FIFA selalu mengeluarkan tema musik terbarunya yang kemudian sering dinyanyikan ketika pertandingan berlangsung untuk memberikan semangat serta energi yang cukup untuk para pemain agar bisa bermain dengan baik.

Pada tahun-tahun sebelumnya, piala dunia telah melahirkan lagu yang berjudul We Are One (Ole Ole) dari Pitbull yang kemudian menjadi tema lagu untuk Brazil pada piala dunia 2014. Lalu pada tahun 2010, Afrika Selatan berhasil kunjungi lagi menyandang tema lagu Waka Waka yang kemudian menjadi dikenal dan dinyanyikan oleh masyarakat di dunia selama periode piala dunia berlangsung.

Dan pada tahun 2018 ini, piala dunia dipegang oleh Rusia. Kira-kira, apakah tema lagunya nanti bisa membawa pengaruh yang besar untuk dunia? Kita lihat saja nanti. Sampai saat ini, belum ada tema lagu yang diriliskan pada tahun 2018 ini. Bisa jadi saat beberapa hari sebelum piala dunia berlangsung, kita akan disambut dengan lagu yang menyemangatkan kita mendukung tim favorit menjadi pemenang piala dunia.

Saat berlangsungnya piala dunia nanti, hal ini pasti akan menjadi sangat heboh untuk diperbincangkan. Belum lagi banyak pihak-pihak yang nantinya akan melakukan taruhan demi mendukung tim kesayangan mereka untuk menang. Tentu akan menambah keramaian perbincangan mengenai hal ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *