Wisata Bahari ke Pantai Baron Gunungkidul

Adanya Pantai Baron Gunungkidul unjuk gigi Kota Jogja bahwa disana tak hanya tersohor dari Pantai Parangtritis saja. Pantai Baron yang berada di Gunungkidul ini lebih banyak sudah mengalihkan atensi wisatawan dari kekuatan Pantai Parangtritis maupun Pantai Indrayanti.

Kabupaten Gunungkidul memang kaya akan obyek wisata pantai. Tidak cuma Pantai Baron, Gunungkidul masih mempunyai beberapa obyek wisata bahari lain yang tersohor, semacam Pantai Sundak, Pantai Kukup, dan lain-lain.

Pihak swasta di sekitar sini tergolong cukup cermat melihat potensi raksasa pariwisata Gunungkidul dari sektor bahari. Ddari panorama alam, air laut bersih, sampai hamparan pasir menghampar seolah olah menjadi daya kuat yang menjadikan lokasi Pantai Baron diminati banyak pecinta travel. Pantai yang berjejer sejajar pada Pantai Krakal serta Pantai Sundak ini siap memberikan rasa nyaman kepada wisatawan dengan kelebihan komparatifnya itu.

Pemkalianngan Indah Pantai Baron Gunungkidul

Pantai Baron Gunungkidul berada tepat didalam Desa Kemadang, Tanjungsari memiliki jarak 20 km dari tengah-tengah kota Wonosari. Semisalnya dengan wisata bahari lain di Gunungkidul, Pantai Baron menonjolkan pesona indahnya laut yang dilingkupi oleh bukit hijau. Gelombangnya yang tak begitu tinggi disukai beberapa wisatawan yang mempunyai hobi surfing dan snorkeling.

Tuk menuju Pantai Baron, rute jalan yang musti ditempuh tidak rumit. Ketika sekarang ini, jalan ke pantai Baron sudah diaspal halus dan lengkap dengan penunjuk jalan yang memastikan wisatawan takkan tersesat walau datang dari jalan manapun.

Tapi ada satu hal yang musti diwaspadai, yaitu kontur tanah menuju ke lokasi pantai yang tak begitu rata, naik-turun, berbelok-belok, serta tak begitu lebar. Kalian yang naik kendaraan pribadi, khususnya baru pertama kali jalan-jalan ke Pantai Baron, dianjurkan agar lebih hati-hati. Jika tidak, jalan tersebut amat beresiko memunculkan kecelakaan, apalagi bagi mereka yang tidak menguasai medan perjalanan.

Air Laut dan Air Tawar Pantai Baron

Obyek wisata Pantai Baron Gunungkidul tampak sangat elok. Letak pantai Jogja ini terhapit oleh 2 perbukitan hijau hingga terlihat sedikit menyerupai suatu teluk. Di sisi kanan pantai, ada sungai yang berjumpa langsung pada air laut. Pertemuan air tawar dan air laut ini jadi daya tarik pribadi bagi wisatawan.

Konon, dengan berkunjung ke lokasi pertemuan dua air itu di Pantai Baron itu, maka dua manusia dari status yang tidak sama bisa bersatu. Terhindar dari betul atau tidaknya mitos itu, Pantai Baron Gunungkidul yang berada 60 km dari tengah-tengah kota Jogja ini sungguh menyimpan pesona luar biasa yang memungkinkan pengunjung bahagia menghabiskan waktu berlibur disana.

Daripada pantai-pantai lain di Jogja, Pantai Baron Gunungkidul tergolong pantai yang sangat asri dan mempesona. Di daerah Pantai Baron, para wisatawan leluasa main di hamparan pasir selama tak melewati batas yang telah ditentukan.

Akitivitas wisatawan di Pantai Baron

Pasalnya, ada beberapa lokasi yang relatif rawan dari gelombang air laut besar hingga berbahaya, khususnya bagi mereka yang tak mahir renang. Perlu dikenal, Pantai Baron Jogja itu ialah bagian dari wilayah pantai selatan yang tersohor dengan gelombangnya yang besar. Dengan begitu, para wisatawan yang recommended tuk lebih berhati-hati.

Disamping renang dan bermain-main di pinggiran laut, menikmati pemandangan pantai yang eksotis sambil menyantap menu makanan di tempat jajanan dan restoran yang tidak jauh dari pantai merupakan aktivitas yang tidak kalah menyenangkan. Menu kuliner yang disediakan dipenuhi oleh hasil laut.

Pantai Baron tersohor dengan hidangan makanan baharinya, yaitu sop kakap. Melahap lezatnya masakan sop kakap disertai desir angin pantai dan debur ombak merupakan pengalaman yang mengasyikan. 1 porsi menu sop kakap telah tersaji komplit dengan es kelapa muda, dan biayanya tergolong friendly di dompet.

Perayaan Sedekah Bulan Syuro

Tiap tahun, penangkap ikan lokal sering menggelar perayaan sedekah laut yang digelar di bulan Syuro. Perayaan sedekah ini dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur terhadap rezeki terdiri dari hasil laut yang diterima sepanjang kurun waktu Setahun terakhir. Masyarakat yang menetap di kawasan Pantai Baron Gunungkidul sudah mau seluruhnya berprofesi menjadi nelayan. Jelas saja kalian bisa membeli ikan segar segera dari nelayan sehabis melaut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *