Wisata Bahari Lombok ke Pantai Selong Belanak

Adanya Pantai Selong Belanak Lombok membuktikan jika daerah Lombok yang berbatasan pada Pulau Bali itu mengandung potensi pariwisata bahari yang sangat kaya.

Pantai selong Belanak mempunyai karakteristik unik dengan daya tariknya yang khas. Pantai itu mempunyai hamparan pasir putih secara garis pantai melengkung menyerupai bulan sabit. Di ujung lengkungan itu, ada beberapa perbukitan dengan pemandangan hijau yang natural.

Pantai Selong Belanak Lombok adalah bagian dari Teluk Selong Belanak dari tepian yang panjangnya 1 km yang mengarah langsung menuju Samudera Hindia. Ada tempat tinggal penduduk hampir setengah bagian pantai sebelah selatan. Di pemukiman itu, ada kira-kira 40 nelayan yang tiap hari melaut. Lokasi ini jelas tak cocok tuk melakukan aktivitas rekreasi air sebab akan terhalang oleh kapal nelayan yang banyak sekali berlabuh di lokasi itu.

Aktivitas di Pantai Selong Lombok

Berkunjung ke Pantai Selong Belanak Lombok tidak lengkap rasanya bila tidak menjalani aktivitas air. Pantai Lombok satu ini mempunyai kontur landai dan air begitu jernih. Tuk melakukan aktivitas rekreasi air, Kalian bisa pilih bagian pantai utara dengan keadaan airnya yang bersih dan tidak bergelombang.

Di tempat itu, tidak sedikit wisatawan yang renang, berjemur dibawah sinar matahari, menjejakkan kaki, maupun sebatas berjalan-jalan menikmati pemandangan pantai. Bagi Kalian yang suka mancing, Kalian juga dapat sewa perahu nelayan tuk memancing. Di Pantai Selong Belanak Lombok itu pun Kalian akan melihat kehidupan penangkap ikan yang minimalis dimana sejumlah anak penuh kesenangan menolong orangtuanya membawa air tawar tuk keperluan hidup sehari-hari.

Pun terlihat kaum suami yang membetulkan perahu dan jala yang bakal digunakan tuk melaut. Ataupun, para istri yang ambil hasil tangkapan ikan tuk dijual. Pendek kata, di tempat tersebut Kalian bisa belajar banyak mengenai kehidupan damai didalam balutan kesederhanaan dan saling mencintai, sangat jauh dari kemegahan.

Suasana Pantai Selong Belanak

Sejauh ini, Pantai Selong Belanak Lombok tak terlalu banyak dipublikasikan oleh berbagai media. Itu pun yang mengakibatkan kuantiti kunjungan pengunjung ke lokasi pantai indah tersebut terbilang sepi dibanding Pantai Senggigi serta Kuta Lombok.

Sebenarnya, Pantai Selong Belanak Lombok mempunyai ciri khas yang tak ada di pantai Lombok lain, yaitu keadaan tenang dan menyejukan bagi siapa saja yang mencapainya. Mungkin hal itu disebabkan karena suasana pantai yang terbilang sepi dari pengunjung. Namun, pantai itu akan tampak ramai wisatawan saat musim libur datang.

Setelah waktu liburan selesai, kondisi pantai balik lagi sunyi. Kalian mungkin sekedar melihat 2 – 3 wisatawan saja yang mencoba berbaur dengan penangkap ikan di tepian pantai. Jika Kalian mau menyendiri ataupun menemukan suasana yang damai, Pantai Selong Belanak merupakan tempat yang cocok tuk dikunjungi.

Tentang fasilitas umum semacam homestay dan warung makan, ini bakal amat mudah ditemukan. Di pinggir pantai, Kalian bisa menemukan beberapa warung makan dari suguhan menu lokal. Menu makan yang sangat populer di lokasi Pantai Selong Belanak itu ialah sate ikan dengan biaya yang lumayan ramah di dompet. Kalian juga bisa menemukan cafeteria dan area parkir yang lumayan luas di sana.

Tips Berwisata ke Pantai Selong Belanak

Jika Kalian datang dari luar daerah, Kalian harus seringkali nanya seputar jalan menuju pantai kepada masyarakat sekitar. Ini dikarenakan sebab dalam perjalanan, hampir tak ada penunjuk jalan ke Pantai Selong Belanak. Kemungkinan besar Kalian akan tersasar jika sungkan bertanya.

Usahakan sebisa mungkin pergi ke pantai itu naik mobil pribadi. Jika Kalian naik sepeda motor, perjalanan lumayan beresiko lantaran ada komponen jalan yang lumayan berpasir. Dengan naik motor, sebaiknya kalian lebih waspada dan mengatur kecepatan khususnya dari 15 kilometer terakhir.

Disamping itu, amat disarankan pula memakai sunblock dan tudung kepala tuk melindungi kulit Kalian dari panasnya terik matahari. Hindarkan memakai alas kaki sewaktu berjalan-jalan di pinggiran pantai sebab pasir yang menempel di alas kaki dapat memunculkan lecet lantaran tergesek dari kulit kaki.

Hotel di Pantai Selong Belanak Lombok

Jika ingin bermalam di pantai itu, Kalian bisa pilih hotel yang tersedia di sana. Ada pula hotel tidak jauh dari Pantai Selong Belanak, antara lain semacam Kuta Indah Hotel, serta Kuta Paradise Lombok. Kalian bisa mencari hotel tidak jauh dari Pantai Selong Belanak dengan online untuk memastikan tersedianya kamar.

Rute Perjalanan ke Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak Lombok memiliki jarak 49 km dari Mataram. Tuk sampai ke lokasi pantai itu, Kalian perlu waktu trip sekitar hampir 2 jam naik mobil. Kalian bisa ambil jalur ke Bandar udara Internasional Lombok. Setelah tiba di pertigaan Masjid Jami’ di kawasan Panunjak, berikutnya ambil jalan ke selatan sampai perjalanan mendarat di kawasan pantai. Saat tiba di suatu pantai dengan hamparan pasir putih bentuknya melengkung semacam bulan sabit, berarti Kalian sudah sampai ke Pantai Selong Belanak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *